Akuntansi - Kelas 12 - SIMPLE LEARNING

AKUNTANSI JASA - XII IPS

 A. Penjelasan
    Akuntansi adalah suatu proses yang melakukan kegiatan mengidentifikasi, mengklarifikasi, mencatat, untuk menghasilkan ataupun menyaajikan informasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan dalam rangka pengambilan keputusan.
    Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan atau menyajikan informasi ekonomi suatu kesatuan ekonomi (economi entity) kepada piak-pihak yang berkepentingan. Akuntansi sering disebut sebagai BAHASA DUNIA USAHA atau BAHASA BISNIS. Karena, akuntansi mepakan alat komunikasi juga informasi bagi pihak-pihak yang memerlukan.
    Kegunaan akuntansi :
1. Mendapatkan informasi keuangan perusahaan 
2. Alat pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik
3. Mengetahui perkembangan kondisi keuangan perusahaan

B. Kualitas Informasi Akuntansi

    Kriteria kualitas informasi keuangan :

1. RELEVAN

    Sesuai dengan pemasukaan dan pengeluaran perusahaan tersebut. Akuntansi perlu memfokuskan tujuan umum pemakai laporaan keuangan.

2. DAYA UJI

    Diuji kebenarannya oleh akuntan independen dengan menerapkan metode pengukuran yang sama. Fakta atau informasi yang di dapat mempengruhi perilaku  dalam pengambilan keputusan dungkapkan dengan jelas.

3.  DAPAT DMENGERTI

    Laporan harus bisa dimengerti oleh pemakai dan disesuaikan dengan pengertian para pemakai. Laporan dapat dimengerti mengenai aktivitas ekonmi perusahaan jua istilah-itilah teknis yng digunakan.

4. NETRAL

    Tidak adanya pihak tertentu yang diberatkan. Yaitu, laporan disusun untuk menapai tujuan umum pemakai informasi akuntansi.

5. TEPAT WAKTU

    Laporan keuangan disajikan sesuai tenggat waktu yang ada. Denagn tujuan laporan dignakan sebagai dasar pengamilan keputusan oleh pemakai informasi keuangan.

6. DAYA BANDING

    Laporan dapat dibandingkan dengan lpaoran-laporan sebelumnya atau dengan laporan perusahaan sejenis pada periode akuntansi yang sama.

7. NILAI PREDIKSI

    LAporan dapat mencermati kondisi dan pertumbuhan keuangan perusahaan selma satu periode akuntansi. Nilai prediksi ini juga tentu untuk memperkiraka prospek perusahaan kedepannya.

C. Para Pemakai Informasi Akuntansi

    Pemakai laporan akuntansi menggunakan laporan untuk pengambilan keputusan mengenai perusahaan. Terdiri dari : Internal & Eksternal.
I. Pemakai Internal
    Pihak-pihak yang terlibat langsung dengan kegiatan operasional. contoh pemakai internal adalah manajer.
II. Pemakai Eksternal
    Invesor, menentukan kputusan dalm membeli, menahan,atau menjual investasi ke dalam saham perusahaan.
    Karyawan, menilai kemampuan perusahaaan dalam memberikan kemampuan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun, dan kesempatan bekerja.
      Kreditur, menilali kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman dan bunganya pada saat jatuh tempo.
    Pemasok, menilai kemampuan perusahaan untuk  memayar atas barang yang dipasok.
    Pelanggan, menilai tentang keberlansungan usaha perusahaan.
    Pemerintah, mengatur aktivitas perusahaan, kebijakan pajak, dan sebagai dasar penyusunan statistik pendapatam nasional.
    Masyarakat, menilai kecenderungan dan perkembangan perusahaan, terutama dalam konstribusi terhadap perekomomian nasional.

D. Laporan Sebagai Informasi Akuntansi Perussahaan

    1. LAPORAN LABA/RUGI

        laporan ini dibuat prtaa kali sebelum laporan keuangaan yang lainnya. Laporan ini merupakan ringkasan pendapatan (revenue) dan beban (expenses)  dari suatu kesatuan usaha untuk periode waktu tertentu.

    2. LAPORAN PERUBAHAN MODAL

         Laporan ini menyajikan modal  beserta tambahannya, sehingga laporan ini digunakan untuk mengetahui perkembangan perusahaan yang dilihat dari hak kepemilikan (modal) selama satu periode akuntansi.

    3. LAPORAN NERACA

        Laporan yang memberikan gambaran tentang posisi keuagan perusahaan pada suatu periode tertenu, berupa aktiva (harta), kewajiban (beban), dan modal pemilik.
Komponen neraca dikelompokan ebagaai berikut :
- Aktiva
- Kewajiban
- Modal
- Akun lawan 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NCT DREAM - Candy Easy Romanization